HMPS BSA IAIN Parepare Sukses Gelar Sahirul Layal Tahun 2023

30 Desember 2023 oleh
Fauziah
| Belum ada komentar

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar Acara Sahirul Layal (Menghabiskan Malam) dalam rangka memperingati Hari Bahasa Arab se-Dunia dengan mengangkat tema: "Al lugatul Al Arabiyah Hayatun" ( Bahasa Arab Adalah Kehidupan) yang berlokasi di Wisata Alam Kali Biru, Desa Batetangnga, Kec. Binuang, Kab. Polewali Mandar pada Hari Sabtu-Ahad(16-17/12/2023).


Sahirul Layal (Menghabiskan Malam) merupakan program kerja penutup HM-PS BSA IAIN Parepare Periode Tahun 2023 yang di mana kegiatan ini dilaksanakan selama satu malam penuh. Peserta menikmati serangkaian kegiatan yang mendalam, seperti penerimaan materi selayang pandang, diskusi antar angkatan mahasiswa dan mahasiswi Prodi Bahasa dan Sastra Arab terkait dengan revolusi prodi BSA di tahun yang akan datang.


Ketua HMPS BSA, Muh. Fajar Aswatullah menyebutkan total dana yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu Rp.9.000.000 yang bersumber dari kreativitas panitia dan sisa dana kegiatan. Adapun yang menjadi peserta dalam kegiatan ini yaitu, semua mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Bahasa dan Sastra Arab IAIN Parepare.


Dr. Hamsa, M.Hum., salah satu dosen BSA juga hadir dalam kegiatan ini,  ia merupakan Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Arab S2 sekaligus sebagai pelopor berdirinya Program Studi Bahasa dan Sastra Arab di IAIN Parepare. Ia juga merupakan doktor dalam bidang bahasa dan sastra arab. Satu kalimat yang sering diucapakan oleh Beliau "Ragaku memang ada di PBA, tapi hati tetap berada di BSA". 


"Sahirul Layal merupakan kegiatan menghabiskan malam dengan belajar, akan tetapi dalam kegiatan Sahirul Layal tahun ini, kita membuat bagaimana mahasiswa  BSA bisa melepas kepenatannya dengan refreshing pasca menjadi panitia pada 2 kegiatan besar BSA Yaitu ALSASIN dan SAFAR", jelasnya saat mengisi kegiatan Sahirul Layal 2023.




Semarak Festival Bahasa Arab (SAFAR) II Se-Sulselbar yang diselenggarakan pada Rabu-sabtu (21-25/11/23) yang dipusatkan di IAIN Parepare. Di mana pada kegiatan ALSASIN, SAFAR dan Sahirul Layal masing-masing memiliki selang waktu 2 pekan. Oleh karena itu, beliau mengatakan "Carilah tempat yang nyaman di mana mahasiswa BSA bisa melepas kepenatannya selama menjadi panitia sekaligus memperingati Hari Bahasa Arab se-dunia".


"Sahirul layal itu adalah kegiatan kebahasaan yang di gelar setiap tahun tepatnya di peringatan hari bahasa Arab se-dunia. Sahirul layal pada dasarnya  dijadikan sebagai momentum belajar 1 malam suntuk bersama segenap mahasiswa BSA dan dosen BSA, yang di mana proses belajar dimulai dari jam 6 sore hingga 6 subuh", ujarnya.


"Pada malam Sahirul layal yang dipelajari mulai dari sejarah berdirinya Program Studi BSA di IAIN Parepare hingga memperlajari hal yang akan dihadapi mahasiswa BSA setelah menjadi alumni di kampus, serta akan menjadi apa setelah mendapat gelar", jelasnya tentang isi kegiatan sahirul layal.

Dengan penuh kebersamaan, kegiatan "Sahirul Layal" yang berlangsung selama 1 hari satu malam di Wisata Alam Kalibiru, Polman, sukses menjadi momen berkesan bagi semua mahasiswa dan mahasiswi BSA. Sahirul Layal tahun ini mempersembahkan pengalaman yang luar biasa, yang di mana memadukan keindahan alam Kalibiru dengan berbagai kegiatan seru, dari penerimaan materi, diskusi, makan bersama, perjalanan keliling area, dan games. Kegiatan ini juga tidak hanya menyatukan peserta, tetapi juga mempererat tali silaturrahmi antar angkatan di Prodi BSA.


Penulis ​: Hadri (Sekum HMPS BSA IAIN Parepare Periode 2023)
Editor ​: Muhammad Royyan Duntu

di dalam Berita
Fauziah 30 Desember 2023
Share post ini
Label
Blog-blog kami
Arsip
Masuk untuk meninggalkan komentar