SAFAR Ke-2 Se-Sulselbar Tahun 2023 Resmi Dibuka

22 November 2023 oleh
Fauziah
| Belum ada komentar

BSA IAIN Parepare - Semarak Festival Bahasa Arab (Safar) Ke-II Tingkat Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) Tahun 2023 resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Parepare di Auditorium IAIN Parepare(22/11/2023).


Festival ini diikuti oleh 20 pondok pesantren/madrasah Aliyah sederajat se-Sulselbar dengan jumlah peserta berjumlah 163 orang. Festival ini berlangsung mulai tanggal 22-25 November 2023 dengan memperlombakan 8 cabang lomba yaitu qiraatul akhbar, qiraatul kutub, qiraatus syi'ir, taqdimul qishah, khitobah, dubbing bahasa Arab, ghina arabiy, dan film pendek.


Pembukaan Safar Ke-2 dihadiri oleh Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Parepare, Direktur Ma'had Al-Jam'iah IAIN Parepare, Kepala Program Studi Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab sekaligus juga sebagai Ketua Panitia Safar Ke-II, Kepala Program Studi Bahasa dan Sastra Arab IAIN Parepare, Pengurus Ormawa IAIN Parepare, dan seluruh peserta dan pendamping Safar Ke-2.


Dr. Hamsa, M. Hum. selaku Ketua Panitia Safar Ke-2 dalam laporannya menyebutkan hanya 20 pesantren yang ikut berpartisipasi karena beberapa halangan, seperti ada yg mengikuti ujian dan ada yg mengikuti musabaqah Tilawatil Qur'an tingkat kabupaten.


Dr. A. Nurkidam, M. Hum selaku Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Parepare dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab meningkatkan kualitas kegiatan ini dengan secara mandiri mengadakan festival ini sebab tahun sebelumnya berkolaborasi dengan Ma'had Al-Jamiah IAIN Parepare. 

St. Fauziah, M. Hum. selaku Kepala Program Studi Bahasa dan Sastra Arab IAIN Pareparesaat dihubungi selepas pembukaan Safar Ke-2 menyampaikan harapannya bahwa ialah pada masa ini, kondisi tidak menjadikan Bahasa dan Sastra Arab tergerus oleh perkembangan zaman, justru seharusnya nilai-nilai luhur  Bahasa dan Sastra Arab menjadi pedoman utama pengembangan peradaban kemanusiaan khususnya oleh orang muslim sebagai kaum  yang memiliki peradaban luar biasa.


Penulis ​: Muhammad Royyan Duntu

di dalam Berita
Fauziah 22 November 2023
Share post ini
Label
Blog-blog kami
Arsip
Masuk untuk meninggalkan komentar