HMPS BSA IAIN Parepare Sukses Gelar Alsasin Ke-6 Tahun 2023

28 September 2023 oleh
Muhammad Royyan Duntu

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar kegiatan Arabic Lover's Student Association (Alsasin) Ke-6 Tahun 20231 dengan tema : "Tutur bahasamu adalah Akhlakmu dan Akhlakmu Adalah Cerminan Masa Depanmu" yang berlokasi di Villa Hesan Lowita, Kec. Suppa, Kab. Pinrang pada Hari Selasa-Ahad (19-24/09/2023).


Alsasin 6 atau lebih dikenalnya dengan perkampungan bahasa ini menghadirkan pemateri dari dosen dan mahasiswa yang berkompeten di bidang Bahasa Arab dimana materi yang diajarkan yaitu ta'aruf, sejarah nahwu, shorof, huruf jer, Isim isyaroh, dhomir, isim nakirah dan marifah, al-kalimah, dan ghina'.


Ketua Panitia Alsasin 6, Muhammad Ikbal dalam laporan panitianya menyebutkan, total dana yang telah dikumpulkan,

yaitu Rp17.585.000 yang bersumber dari kreativitas panitia, kontribusi peserta, dan donatur tidak tetap. Adapun peserta berjumlah 25 orang, terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan.


Muhammad Fajar Aswatullah selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab IAIN Parepare Periode 2023/2024 pada sambutannya bercerita bahwa mulai menjadi peserta Alsasin, panitia, Alsasin, dan menjadi pengurus sampai sekarang, tempat kegiatannya tidak berubah.


"Ketika ditanya kenapa Alsasin di Lowita terus, dengan pede(percaya diri)-nya saya menjawab, tidak ada tempat yang se-Alsasinable, kecuali di Lowita" ucap mahasiswa semester 5 itu.


Hamsa yang juga merupakan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab S2 memaparkan bahwa Alsasin merupakan kegiatan yang diprakarsai dan merupakan murni ide dan gagasan darinya sejak menjadi seorang dosen BSA. Hamsa juga merupakan doktor dalam bidang bahasa dan sastra Arab. Pelaksanaan Alsasin ke-6 kalinya ini menunjukkan bukti bahwa kegiatan ini mendapatkan tempat di hati mahasiswa, khususnya MABA dan sangat diapresiasi oleh pimpinan kampus.


St. Fauziah selaku Ketua Prodi Bahasa dan Sastra sekaligus koordinator Bahasa Arab di Ma'had Al-Jami'ah IAIN Parepare ini, mengemukakan alasan mengapa prodi BSA menjadi andalan oleh karena objek kajian di BSA adalah al-Qur'an, hadis dan qawl (pendapat) ulama.


"Prodi Bahasa dan Sastra bukan hanya Prodi yang sakral di FUAD, namun di IAIN Parepare karena kajiannya itu, bisa mengkaji al-Qur'an dan hadits. Kalau di IAIN Parepare yang paling mengkaji itu, yah BSA," imbuhnya. (mrd)

di dalam Berita
Muhammad Royyan Duntu 28 September 2023
Share post ini
Label
Blog-blog kami
Arsip

Baca Berikutnya
MBKM