Kaprodi BSA IAIN Parepare Hadiri Rakernas IQLAB di Palembang

1 Mei 2024 oleh
Fauziah

Kepala Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, St. Fauziah menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IQLAB (Ittihad Aqsam Al-Lughah Al-Arabiyah wa ‘Adabiha) Indonesia  yang berlangsung di Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang(29-30/04/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para pengurus pusat IQLAB dan Pimpinan program studi Bahasa Arab se-Indonesia, mencatat kehadiran 24 delegasi dari program studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) yang berasal dari berbagai institusi di bawah naungan Kementerian Agama maupun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam pembukaan Rakernas di aula pertemuan FAHUM UIN Raden Fatah Palembang, pimpinan FAHUM menyampaikan rasa syukurnya karena FAHUM dipilih sebagai tuan rumah acara tersebut. Mereka menekankan peran penting asosiasi dalam meningkatkan kualitas program studi bahasa dan sastra Arab, terutama dalam hal profil dan kurikulum. Selain itu, mereka juga menyoroti pentingnya pengakuan dosen dan mahasiswa di tingkat nasional dan internasional. 


Rakernas IQLAB 2024 menghadirkan berbagai kegiatan penting, termasuk seminar Bahasa dan Sastra Arab yang mengangkat tema "Al-Qodaya al-Mu'asirah fi Al-Alam Al-'Arabiy" atau "Isu-Isu Kontemporer di Dunia Arab". Tujuan dari seminar ini adalah untuk memperluas wawasan dan mendalamkan pemahaman peserta tentang berbagai isu kontemporer yang dihadapi oleh masyarakat Arab saat ini. Melalui diskusi dan presentasi dari pakar, seminar ini bertujuan untuk menjadi sarana bagi para peneliti, dosen, dan mahasiswa untuk terhubung dengan dinamika terbaru yang terjadi di dunia Arab, serta untuk mengenrich kajian bahasa dan sastra Arab dengan perspektif yang lebih komprehensif dan mendalam. 



Penulis ​: Muhammad Royyan Duntu

di dalam Berita
Fauziah 1 Mei 2024
Share post ini
Label
Blog-blog kami
Arsip