Mahasiswa BSA IAIN Parepare Hadiri Pelantikan & Rakerwil ITHLA DPW V Se-Indonesia Timur Periode 2023-2024

9 Maret 2024 oleh
Fauziah
| Belum ada komentar

Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare hadiri pelantikan & Rapat Kerja Wilayah ITHLA Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) V yang berlokasi di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo pada Selasa(05/03/2024).


8 Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab IAIN Parepare yang menjadi Pengurus ITHLA DPW V Periode 2023-2024, 3 diantaranya menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua IV atas nama Muh. Fathin Haqqar,  Wakil Sekretaris Umum atas nama Uswatun Hasanah,  dan Kepala Departemen Olahraga, Seni dan Budaya atas nama Muh. Fajar Aswatullah. Dari kedelapan mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa semester dua, enam dan delapan. Pelantikan dan Rakerwil DPW V  ITHLA yang diselenggarakan di IAIN Palopo, mengusung Tema : " Bersatu Untuk Membumikan Bahasa Arab di Indonesia Timur".


Acara Pembukaan dimulai pada pukul 08:00 WITA yang dihadiri oleh beberapa dosen dari IAIN Palopo diantaranya Wakil Rektor III yaitu Dr. Mustaming, S. Ag, M. HI. yang secara langsung membuka acara Pelantikan dan Rakerwil ITHLA DPW V, Wadek III, Dr. Taqwa S. Ag, M.Pd.I., dan Ketua Prodi PBA IAIN Palopo, Dr. Naidin Syamsuddin, S. Ag, M.Pd.I, serta dosen IAIN Palopo lainnya. Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) juga turut hadir mewakili Ketua Umum DPP ITHLA yang tidak sempat hadir untuk melantik pengurus baru, Ketua Dewan Pertimbangan Wilayah V ITHLA Indonesia, Presiden Mahasiswa IAIN Palopo, serta Ikatan Mahasiswa PBA IAIN Palopo.


Dengan kehadiran dari berbagai instansi yang ada di Indonesia Timur disambut dengan senyuman dan penghormatan. Ketua Panitia Al Ghazali, menyebutkan "salah satu alasan mengapa acara ini diselenggarakan di Palopo, karena Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) V ITHLA yang terpilih pada periode tahun ini berasal dari Kampus IAIN Palopo, Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dalam hal ini Muh. Wildan mahasiswa semester 8. Maka dari itu dengan rasa semangat dan antusias yang tinggi, IAIN Palopo resmi jadi tuan rumah pada acara Pelantikan dan Rakerwil pada tahun ini", ujarnya.


Pentingnya Kebersamaan dalam menjalankan peran untuk kesuksesan pada suatu kepengurusan  ITHLA DPW V ini disampaikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal DPP ITHLA, Reski Wahyuni yang melantik pengurus baru ITHLA DPW V sebanyak 182 pengurus. "Jadilah seperti puzzle, setiap anggota adalah bagian penting yang membuat gambar kebersamaan kita sempurna," pungkasnya.


"Jadi peran kalian yg kalian anggap tidak penting, bisa jadi  penting dari sudut pandang organisasi, dan lakukan semaksimal mungkin peran-peran yang menjadi tugas kalian", ucapnya dengan suara lantang. 


Rasa semangat serta harapan yang tinggi untuk menjalankan organisasi ini pula disampaikan oleh Ketua DPW V ITHLA terpilih, Muh. Wildan dalam sambutannya. 


"Besar harapan saya kepada seluruh teman teman pengurus agar sekiranya untuk kedepannya mampu semangat hingga akhir kepengurusan karena mungkin kita sudah ketahui bersama dengan melihat grafik di berbagai organisasi, ada pengurus yang cuma aktif di awal, ada yang cuma aktif di pertengahan, dan juga ada yang baru muncul di akhir kepengurusan terlepas dari benar dan salahnya hal tersebut tentu bukan hal yang demikian yang kita harapkan, yang kita harapkan adalah semangat hingga akhir sehingga terbentuk kerjasama yang baik dan mampu tercapainya kepengurusan yang sukses dan totalitas", ujar Muh. Wildan disambut dengan tepuk tangan yang meriah.


Kemudian dilanjut dengan kegiatan seminar yang dibawakan langsung oleh Ketua Prodi PBA IAIN Palopo Dr. Naidin Syamsuddin, S. Ag, M.Pd.I. dan Ketua Prodi PAI Andi Arif, S. Pd.I, M. Pd. yang juga merupakan dosen PBA IAIN Palopo. Adapun tema pada seminar kali ini adalah "Strategi Membumikan Bahasa Arab di Indonesia Timur". Setelah acara seminar selesai dilanjutkan dengan pelantikan pengurus dan upgrading.


Kemudian, setelah acara pelantikan dan upgrading selesai, semua pengurus akan mengadakan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) untuk membahas program kerja Dewan Pimpinan Wilayah V ITHLA lebih lanjut yang di mana Rakerwil dilaksanakan di Wisata Alam Wae Tiddo, Kec. Bua, Kab. Luwu sekaligus menjadi tempat untuk rihlah setelah semua rangkaian kegiatan selesai.


Muh. Fathin Haqqar, mahasiswa BSA semester 8 yang merupakan Wakil Ketua IV DPW V ITHLA berharap dengan telah terselenggaranya pelantikan dan Rakerwil ini dapat terealisasikannya apa yang telah dicanangkan.

"Setelah diadakan pelantikan dan rakerwil ini semoga hasil dari bertukar pikiran kita yg disatukan dalam 1 forum ini dapat direalisasikan dan kami jajaran pengurus dapat membangun sinergi yang lebih kuat lagi dalam kepengurusan", harap Ketua HMPS BSA IAIN Parepare Periode 2021 tersebut.

Penulis : Hadri
Editor ​: Muhammad Royyan Duntu

di dalam Berita
Fauziah 9 Maret 2024
Share post ini
Label
Blog-blog kami
Arsip
Masuk untuk meninggalkan komentar